Minggu, 23 Desember 2018

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH (BAB II)


BAB II
MOTO SEKOLAH, VISI, MISI DAN TUJUAN
SMP NEGERI 1 CIPONGKOR


      A.      Moto Sekolah
SMPN 1 Cipongkor mengusung moto juang yang diakronimkan dengan “EKSIS” kependekan dari Edukatif, Kreatif, Selektif, Inovatif, Simpatik. Moto tersebut bermakna bahwa program peningkatan kualitas SMP Negeri 1 Cipongkor harus selalu berdasarkan nilai-nilai edukatif yang mendorong para siswa dan warga sekolah untuk kreatif dalam mengembangkan serta meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan nilai-nilai religius dan kearifan lokal yang selektif demi mewujudkan warga sekolah yang kompetitif dan simpatik.

B.       Visi Sekolah
Team Pengembang Kurikulum SMPN 1 Cipongkor menyadari bahwa harus terdapat penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di satua pendidikan. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.
Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami, sehingga visi sekolah diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki satuan pendidikan, (2) harapan masyarakat yang dilayani satuan pendidikan.
Dalam merumuskan visi, team pengembang kurikulum SMPN 1 Cipongkor bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai pihak terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah), diharapkan bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.
Visi yang dicanangkan adalah:
”TERCIPTANYA IKLIM SEKOLAH YANG MEMBENTUK MANUSIA BERKUALITAS, KOMPETITIF, BERWAWASAN LINGKUNGAN SERTA BERAKHLAK  MULIA”
Visi tersebut di atas berpedoman pada:
1.      Mengacu pada tujuan pendidikan menengah yaitu untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2.      Mengacu tuntutan SKL Satuan Pendidikan, sebagaimana tercantum pada Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi
Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah yang digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan, sebagai pengganti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
3.      Berorientasi pada potensi, minat, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik
4.      Berorientasi pada kepentingan daerah, nasional dan global.
5.      Berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta memperhatikan lingkungan sosial dalam rangka menumbuhkan peduli lingkungan.
6.      Memberi inspirasi dan tantangan dalam meningkatkan prestasi secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan
7.      Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan





C.    Misi SMPN 1 Cipongkor
Misi yang merupakan penjabaran pencapaian visi  dalam bentuk pernyataan yang terukur dan dapat dicapai sesuai dengan skala prioritas, mencakup: seluruh indikator visi, SMPN 1 Cipongkor diharapkan dapat mewujudkan dalam hal:
1.      Meningkatkan  keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
2.      Meningkatkan kegiatan pengembangan diri secara efektif.
3.      Meningkatkan profesionalisme komponen sekolah.
4.      Menciptakan lingkungan belajar yang sejuk, bersih, indah dan rindang.
5.      Meningkatkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlak mulia.
Diharapkan dengan mengemban misi di atas sekolah kami dapat menciptakan suasana  disiplin  dalam  kerja, mewujudkan manajemen kekeluargaan, kerjasama, pelayanan prima dengan meningkatkan kebersamaan yang berlandaskan akhlak mulia.
Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan  bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan semangat silaturahmi.

D.    . Tujuan SMPN 1 Cipongkor

Tujuan sekolah yang merupakan penjabaran dari visi dan misi sekolah, supaya  komunikatif dan dapat  diukur, adalah sebagai berikut:
1.    Meningkatkan kemampuan baca Alqur’an
2.    Meningkatkan kelulusan dari 99,8% menjadi 100% pada tahun 2018/2019
3.    Meningkatkan perolehan nilai UN/US dari rata – rata 6,0 menjadi 6,5 pada tahun 2018/2019.
4.    mewujudkan infrastruktur multi media dan internet sebagai sarana proses pembelajaran pada tahun 2018/2019.
5.    Mengikut sertakan siswa dalam lomba mata pelajaran di tingkat Kabupaten dan tingkat yang lebih tinggi, dengan target sepuluh besar di Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2018/2019.
6.    Meningkatkan kualifikasi guru setara S2 dari 4 % menjadi 10% pada tahun 2018/2019.
7.    Menjadi Finalis dalam lomba Seni Budaya tingkat Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2018/2019
8.    Meningkatkan Kemampuan semua guru dalam bidang ICT pada tahun 2018/2019
9.    Melaksanakan penanaman 20 pohon setiap tahun di lingkungan sekitar sekolah
10.     Menjuarai lomba kebersihan lingkungan sekolah se-Kabupaten Bandung Barat sebagai 3 (tiga) besar
11.     Meningkatkan kompetensi guru dan siswa dalam berbahasa Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar