Minggu, 23 Desember 2018

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TAHUN 2018



NO
BUTIR PENILAIAN
BUKTI FISIK
SKOR
(1)
1
Kepala Sekolah menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang memuat rumusan Visi Sekolah, Misi Sekolah, Tujuan Sekolah, Strategi pencapaian Tujuan
Dokumen   (RKJM)
RKJM Memuat rumusan visi
RKJM Memuat rumusan misi
RKJM Memuat  tujuan dan strategi
Berita acara perumusan
Berita Acara reviu
Berita Acara penetapan
Daftar hadir kegiatanperumusan
Daftar Hadir Kegiatan Reviu
Daftar Hadir penetapan
1
Kepala Sekolah menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang melibatkan pemangku kepentingan melalui langkah perumusan review dan penetapan
RKT dan/atau RKAS
SPMI.
Berita acara perumusan
Berita Acara reviu
Berita Acara penetapan
Daftar hadir 
3
Kepala Sekolah memfasilitasi berbagaii kegiatan untuk memotivasii siswa agar memiliki perilaku dan mengembangkan sikap orang beriman melalui pembiasaan (budaya sekolah), keteladanan dalam menghayati dan mengamalkan sesuai dengan ajaran agama yan g dianut
Program   dalam RKT/RKAS
Integrasi  sikap dalam RPP.
Integrasi  sikap PBM
Foto-foto kegiatan (religius )
Pembiasaan   kegiatan  ibadah

4
Kepala Sekolah memfasilitasi berbagai kegiatan untuk menumbuhkan sikap sosial dengan karakter jujur dan bertanggung jawab, peduli, gotong royong dan demokratis, percaya diri serta nasionalisme
Program bakti sosial
Dokumentasi kegiatan 
Catatan konselor/guru BK.
Jurnal siswa dan guru.
Menghormati perbedaan.
Budaya Antri 
Berpakaian   sesui aturan
budaya  Salam,sapa,senyum
5
Kepala Sekolah memiliki program gerakan literasi yang mencerminkan sekap pembelajara sejati sepanjang hayat diwujudkan dalam aktivitas pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, melalui pembiasaan program tersebut.
Program  Literasi
Dokumen Penilaian Literasi.
Dokumen Laporan literasi.
Disediakan fasilitas literasi.
Membaca/menulis buku dan
lomba literasi.
Pajangan/Display karya
Penghargaan terhadap prestasi
Dokumentasi kegiatan
6
Kepala sekolah memfasilitasi kegiatan siswa untuk menumbuhkan perilaku yang mencerminkan sekap sehat jasmani dan rohani,
  Program kegiatan kesiswaan
Laporan kegiatan kesiswaan.
Kegiatan UKS 
Keikutsertaan dalam lomba
Catatan perkembangan siswa

7
Kepala sekolah memfasilitasi kegiatan siswa untuk memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif.
Dokumen Silabus 
Dokumen RPP setiap Mapel
Bahan ajar/Lembar Kerja
Hasil Penilaian Pengetahuan
Laporan kegiatan 
.    Dokumentasi kegiatan
8
Kepala sekolah memfasilitasi kegiatan siswa untuk memiliki keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif melalui pengalaman pembelajarn dan di dalam atau di luar kelas, misalnya praktik di laboratorium; penelitian sederhana; studi wisata, seminar atau workshop; peragaan atau pameran dan pementasa karya seni
Dokumen Siabus
RPP
Laporan praktik siswa
Laporan penelitian   siswa
Produk yang dibuat siswa
Hasil Penialian Portofolio Siswa
Hasil Penilaian Praktik Siswa
Hasil Penialian Produk
Hasil Penialian Proyek
Laporan   studiwisata, dll
9
Kepala Sekolah meningkatkan prestasi belajar siswa dalam nilai ujian akhir
. Dokmen Hasil UN 2th
. Rata-rata hasil UN dan Tren naik
.Dukumen hasil US 2 tahun
.Rata-rata hasil US dan tren naik

10
Kepala sekolah meningkatkan prestasi siswa dalam lomba bidang akademik
.   JMLsiswa meningkat sangat baik
.   Jumlah siswa  meningkat
.   Jumlah siswa ada yang berprestas
.    Jumlah siswa tidak berprestasi
11
Kepala sekolah meningkatkan prestasi siswa pada bidang non akademik dalam lomba bidang (1) seni  (2) sosial,  (3) kemasyarakatan
: prestasi nasional
: Prestasi Tingkat Propin
: Prestasi Tingkat Kabupaten
: Prestasi Tingkat Gugus
12
Kepala sekolah menguapayakan jumlah lulusan yang diterima jenjang pendidikan lanjutan
:  kelulusan dan melanjutan  100%
:  Kelulusan 100%  melanjutkan 50%
:  Kelulusan 100% melanjutkan 25
:   Kelulusan 100% tidak melanjutkan
13
Kepala sekolah memfasilitasi siswa untuk ,memiliki keterampilan bertindak secara mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari pada satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiriyang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan kegiatan, meliputi: penugasan kelompok, pelaporan tugas/kegiatan, presentasi hasil penugasan, keterlibatan dalam kepanitiaan, keterlibatan dalam penyusunan program sekolah
RPP memuat penugasan 
Dokumen Laporan tugas   siswa.
 Dokumentasi presentasi tugas
SK Kepanitiaan 
Surat Tugas/SK  penyusunan program sekolah



14
Kepala sekolah memfasilitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi sikap spiritual siswa melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung(indirect teaching), keteladanan, pembiasaan dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa
Silabus
RPP  penilaian sikap spiritual
Instrumen observasi, sikap
Buku Pedoman Guru
Buku yang digunakan guru
Buku yang digunakan siswa
Jurnal nilai (Sikap spiritual
Program kegiatan ekstrakurikuler

15
Kepala Sekolah memfasilitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi sikap sosial yaitu menghayatidan mengamalkan perilaku: (a) jujur; (b) disiplin; (c) santun; (d) peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai); (e) bertanggung jawab; (f) responsif; dan (g) proaktif dalam berinteraksi secara efektif melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung/indirect teaching (keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah) dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa
.   Program Tahunan
Program Semester
Silabus
RPP
Alat evaluasi dan buku nilai
Jurnal penilaian,
Dokumen observasi
Penilaian diri
Penilaian antar teman.
Program  ekstrakurikuler
Dokumentasi Kegiatan

16
Kepala sekolah memfasilitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi inti pengetahuan siswa baik pengetahuan fakta, konsep, prosedural dan metakognitif
Program Tahunan
Program Semester
Silabus
RPP
Buku Pedoman Guru.
Perangkat Penilaian
Lembar Tugas Terstruktur
Lembar Kegiatan Mandiri siswa.
Handout
Program ekstrakurikuler

17
Kepala sekolah memfasilitasi guru dalam menumbuhkan kompetensi inti 4 Keterampilan siswa (KI-4), yaitu menunjukkan keterampilan menalar, mengolah dan menyaji secara ; (a) efektif, (b) kreatif,  (c) produktif; (d) kritis, (e)  mandiri, (f) kolaboratif, (g) komunikatif, dan (h) solutif dalam ranah kongkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
.    Program Tahunan
Program Semester
Silabus
RPP
Buku Pedoman Guru
Lembar Tugas Terstruktur
Lembar  , portofolio, dan produk.
Buku Nilai
Dokumen hasil   keterampilan  .

18
Kepala sekolah mengelola perangkat pembelajaran yang dikembangfkan untuk mata pelajaran sesuai denngan tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pembelajaran
Dokumen Silabus 
Dokumen RPP 
Buku yang digunakan guru /SISWA
Program Tahunan
Program Semester
19
Kepala sekolah membentuk Tim Pengembang Kurikulum (sekurang-kurangnya meliputi guru mata pelajaran, konselor/guru BK, Komite Sekolah atau penyelenggara pendidikan) dalam mengembangkan kurikulum sekolah
SK   TPK  Sekolah
Daftar Hadir Kegiatan Tim
Daftar Hadir Narasumber
Berita Acara Penetapan Kurikulum
Notulen rapat 
Lembar Persetujuan Pengawas

20
Kepala sekolah mengorganisasikan penyusunan KTSP mengacu pada Standar Isi meliputi: (1) Perumusan Visi, Misi, dan tujuan satuan pendidikan; (2) Pengorganisasian muatan kurikuler satuan pendidikan; (3) pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas; (4) penyusunan kalender pendidikan satuan pendidikan; (5) Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan lokal; ((6) penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran
Dokumen KTSP 
KTSP ( visi, misi, dan tujuan )
KTSP memuat muatan kurikuler
KTSP memuat beban belajar
KTSP memuat Kalender 
silabus muatan  local
Dokumen RPP setiap Mapel

21
Kepala sekolah/Tim Pengembang Kurikulum Sekolah mengembangkan kurikulum sesuai dengan Prosedur Operasional Atandar meliputi;  (a) Analisis kontek; (b) Penyusunan dokumen Kurikulum; (Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan lokal dan; (d) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap mata pelajaran
.   Analisis Konteks Kurikulum
Disahkan KS,Komite,Pengawas
Dokumen I  disahkan Kadisdik
Silabus   (Dokumen II)
RPP  (dokumen III)

22
Kepala sekolah melaksanakan kurikulum ssesuai pedoman, meliputi: (1) kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas; (2) kegiatan kokurikuler sesuai ketentuan; (3) kegiatan ekstrakurikuler sesuai ketentuan; (4) jumlah alokasi waktu jam pembelajaran baik kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler disesuaikan dengan peraturan yang berlaku; (5) Penugasan terstruktur; (6) kegiatan mandiri; (7) Penambahan beban belajar satuan pendidikan dapat menambah beban belajar 2 (dua) jam per minggu
.    Struktur  Dokumen I
Dokumen penugasan guru
kegiatan Penugasan Terstruktur
Dokumen Kegiatan Mandiri
Jadwal 
RPP
Hasil belajar
Dokumentasi Kegiatan



23
Kepala sekolah memfasilitasi pengembangan silabus mata pelajaran berdasarkan Standar Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar
Dokumen silabus  memuat 9 aspek
Silabus kelas 7
Silabus kelas 8
Silabus kelas 9

24
Kepala sekolah memfasilitasi kegiatan penyusunan RPP yang mengintegrasikan PPK dan GLS
Penyususnan RPP Dalam RKT
Setiap RPP memuat 12 aspek.
Tujuan pembelajaran
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian kompetensi
Materi pembelajaran
Metode pembelajaran
Media pembelajaran
Sumber belajar
Langkah-langkah pembelajaran

25
Kepala sekolah menetapkan alokasi waktu dan beban belajar di sekolah sesuai ketentuan
.    Alokasi Waktu   40”  SMP
SK Pembagian tugas guru
.    Sk tugas tambahan lainnya
26
Kepala sekolah memastikan bahwa setiap waktu menggunakan buku teks atau buku elektronik (e-book) untuk semua mata pelajaran
.      Buku Teks  siswa 
Daftar Inventarsi Buku Teks

27
Kepala sekolah menetapkan bahwa jumlah maksimal siswa setiap rombongan belajar pada satuan pendidikan sesuai ketentuan. (paling sedikit 20 dan paling banyak 32 siswa)
Jumlah rombel 20 – 32 orang
Prosentasenya

28
Kepala sekolah memastikan setiap guru melakukan pembelajaran dan pengelolaan kelas dengan baik melalui supervisi guru
Program Supervisi Guru
Laporan  Hasil Supervisi Guru
Instrumen supervisi 
Hasil observasi kelas
Rekap hasil supervisi kelas

29
Kepala sekolah menyusun program supervisi akademik dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru
.     Program Supervisi Guru
Jadwal  Supervisi Guru
Instrumen supervisi 
Hasil observasi kelas
Rekap hasil 
30
Kepala sekolah melakukan pengawasan proses pembelajaran dengan prinsif objektif dan transparan.
.    Perencanaan pengawasan KS
Instrumen pengawasan
 .    Hasil pelaksanaan pengawasan
Dokumen pengumuman
Tindak lanjut hasil pengawasan
31
Kepala sekolah melakukan pengawasan dalam bentuk supervisi proses pembelajaran terhadap guru setiap tahun
Program Supervisi KBM
Dokmen Laporan supervisi KBM


32
Kepala sekolah melaksanakan pemantauan proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan, pelaksanakan dan penilaian hasil pembelajaran
Instrumen pemantauan KBM
diskusi kelompok terfokus
pengamatan
pencatatan
perekaman
wawancara
dokumentasi

33
Kepala sekolah melaksanakan supervisi proses pembelajaran pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran yang ditindaklanjuti dengan cara; pemberian contoh, diskusi, konsultasi, atau pelatihan
Jadwal pelaksanaan supervisi
Instrumen supervisi yang telah diisi
Instrumen supervisi memuat RPP
Instrument supervisi PBM
Instrument supervisi Peilaian


34
Kepala sekolah memiliki program atindak lanjut hasil pengawasan dilakukan dalam bentuk: (1) penguatan dan penghargaan kepada guru yang menunjukkan kinerjayang memenuhi atau melampaui standar; (2) pemberian kesempatan kepada guru untuk mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Program Tindak LanjutPengawasan 
pemberian contoh, diskusi,  dll 
Surat Tugas   program PKB.









35
Kepala Sekolah memastikan pelaksanaan penilaian yang menerapkan prinsif penilaian sahih, objektif, adil, terbuka, holistik, dan akuntabel melalui supervisi guru
Program Supervisi penilaian
Laporan  penerapan penilaian
Instrumen  prinsippenilaian

36
Kepala sekolah menetapkan KKM setiap mata pelajaran berdasarkan validasi penyusunan KKM yang mempertimbangkan; Karakteristik siswa, karakteristik mata pelajaran, kondisi satuan pendidikan, dan analisishasil penilaian
KKM setiap mata pelajaran.
KKM  aspek  intek siswa
KKM aspek kompleksitas
KKM aspek  daya dukung
KKM  analisis  penilaian

37
Kepala sekolah memastikan bahwa guru melaksanakan penilaian kompetensi sikap sesuai karakteristik Kompetensi inti setiap amata pelajarn yang diampu guru yang bersangkutan atau sesuai Kompetensi Dasar bagi mata pelajaran yang diampu guru yang bersangkutan atau sesuai Kompetensi dasar bagi mata pelajaran pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan
RPP  memuat rancangan penilaian 
RPP memuat penilaian sikap
.  Jurnal Penilaian Sikap
Insrumen Pengamatan Sikap
Instrumen Penilaian Diri
Instrumen Penilaian Antar Teman

38
Kepala sekolah ,memastikan bahwa guru melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan sesuai karakteristik Kompetensi dasar (KD) untuk setiap mata pelajaran
.     RPP berisi  penilaian  pengetahuan
Kisi-kisi Soal
Naskah Soal Tes Tulis/Lisan
Hasil Analisis Kualitatif Butir Soal
Analisis Kuantutatif Butir Soal
39
Kepala sekolah memastikan bahwa guru menggunakan hasil penilaian kompetensi pengetahuan untuk; (1) memperbaiki proses pembelajaran; (2) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi siswa; (3) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, engah semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas
.    Dokum Analisis hasil belajar
Laporan hasil belajar siswa.
Tindak lanjut hasil penilaian

40
kepala sekolah memastikan bahwa guru melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan sesuai karakteristik Kompetensi Dasar (KD) nsetiap mata pelajaran
RPPmemuat  keterampilan
Kisi-kisi Soal
Instrumen Penilaian Praktik
Instrumen Penilaian Portofolio
Instrumen Penilaian Produk
Instrumen Penilaian Proyek
Pedoman penskoran
41
Kepala sekolah memastikan bahwa penilaian sikap dilakukan guru melalui tahapan: (1) mengamati perilaku siswa selama pembelajaran; (2) mencatat perilaku siswa dengan menggunakan lemabar observasi/pengamatan: (3) menindaklanjuti hasil pengamatan; (4) mendeskripsi kan perilaku siswa; dan (5)  melaporkan kepada wali kelas
.    supervisi  dalam penilaian sikap
Catatan/Jurnal Pengamatan;
Catatan perilaku siswa/ Observasi
Tindak lanjut hasil pengamatan
Deskripsi perilaku siswa 
Laporan Hasil penilaian 

42
Kepala ssekolah memastikan bahwa guru melakukan penilaian kompetensi pengetahuan melalui: Tes tertulis, tes Lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai
supervisi  penilaian pengetahuan
penilaian  pengetahuan dalam RPP
Hasil penilaian  pengetahuan
Kisi-kisi penilaian  pengetahuan
Instrumen tes tulis 
Perangkat tes lisan 
Petunjuk penugasan 
43
Kepala sekolah memasatika n bahwa guru  melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan dilakukan melalui penilaian praktik, produk, portofolio dan teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
supervisi   penilaian keterampilan
keterampilan dalam RPP
Hasil penilaian keterampilan
Kisi-kisi penilaian  keterampilan
Instrumen penilaian keterampilan 
Rubrik penilaian  keterampilan
44
Kepala sekolah memastikan bahwa guru melaksanakan penilaian otentik (authentic assesment) menilai kesiapan siswa, proses dan hasil belajar secara utuh melalui supervisi
Supervisi  pelaksanaan penilaian
Jadwal Pelaksnaaan Supervisi
Laporan Hasil Supervisi 
Dokumen  penilaian dalam RPP 
Instrumen penilaian otentik
Bukti pelaksanaan penilaian
Hasil penilaian otentik
45
Kepala sekolah memfasilitasi guru memanfaatkan hasil penilaian otentik untuk merencanakan program remidial, pengayaan, atau pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajaran
. Pemanfaatan hasilpenilaian
Hasil perbaikan siswa
Hasil pengayaan siswa
Hasil perbaikan PBM
46
Kepala sekolah memastikan penilaian hasil belajar dilakukan dalam bentuk penilaian harian,  penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun
Kegiatan penilaian  dalam RKAS
Rekap Hasil Penilaian Harian
Kisi-kisi Soal   (PAS)
Kisi-kisi Soal   (PAT
Hasil Analisis Kualitatif 
Hasil Analisis Kuantitatif 
Rekap Hasil PAS
Rekap Hasil PAT
47
Kepala sekolah mengorganisasikan pelaksanaan penilaian akhir semester dan penilaian akhir tahun
Kegiatan penilaian   dalam RKAS
Rekap Hasil Penilaian Harian
Kisi-kisi Soal   (PAS)
Kisi-kisi Soal   (PAT
Hasil Analisis
Hasil Analisis Kuantitatif 
Rekap Hasil PAS
Rekap Hasil PAT
Bank Soal
48
kepala sekolah menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) atau Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
Kegiatan   US/USBN  dalam RKAS
SK Kepanitiaan  US/USBN
SK Tim  Penulis Naskah Soal Soal
Kisi-kisi Soal US/USBN 
Naskah Soal USBN 
Hasil Analisis Kualitatif Soal
Hasil Analisis Kuantitatif Soal
Rekap Hasil US/USBN  ke  Dapodik
49
Kepala Sekolah menetapkan kenaikan/kelulusan peserta didik melalui Rapat dengan komite sekolah.
Kriteria KelulusanSiswa
Surat Undangan Rapat kelulusan
Daftar hadir Rapat
Notulen rapat penetapan kelulusan
Berita Acara atau SK Penetapan
50
Kepala Sekolahmenyelenggarakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan mengacu pada mekanisme yang telah ditetapkan.
Rekapitulasi KKM 
Hasil penilaian kompetensi sikap
Hasil penilaian  pengetahuan
Hasil penilaian  keterampilan
Dokumentasi penyelenggaran US
laporan hasil penilaian PAS, PAT
Berita Acara
51
Kepala sekolah memfasilitasi guru menjadi guru profesional (memiliki sertifikat pendidik).
: 91% dan 100% , S1/D4.
: 81% dan <91% ,S1/D4.
 : 71% dan <81%  , S1/D4.
 : 61% dan <71%  , S1/D4.
52
Kepala sekolah menugaskan guru untuk mengampu mata pelajaran sesuai dengan sertifikat pendidiknya dan/atau latar belakang pendidikannya.
: 86% dan 100% bersertifikat
: 71% dan <86% bersertifikat
: 56% dan <71% bersertifikat
: 41% dan <56% bersertifikat
53
Kepala sekolah memfasilitasi guru untuk mengikuti UKG
: 91% dan 100% sesuai 
: 81% dan <91% sesuai
: 71% dan <81% sesuai
: 61% dan <71% sesuai
54
Kepala sekolah memenuhi kebutuhan guru bimbingan dan konseling sesuai ketentuan
: 91%   UKG ,40% nilai diatas KKM
: 81% UKG ,30% nilai  diatas KKM
: 71%  UKG ,20 nilai  diatas KKM
: 61% UKG ,10%  nilai  diatas KKM
55
Kepala Sekolah memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah
: Rasio 1 : (1 - 150) siswa
: rasio 1 ; (151 200) siswa.
: rasio.1 : (201 250) siswa
: rasio 1 : ( 251 300) siswa
56
Kepala sekolah menugaskan tenaga administrasi sesuai ketentuan
Ijazah S1  PT  terakreditasi.
Akte/KTP  kurang 56 awal diangkat
Surat keterangan Sehat jasmani 
Surat  tidak pernah dihukum
Sertifikat pendidik.
Sertifikat Kepala Sekolah.
57
Kepala sekolah menugaskan Kepala perpustakaan sesuai ketentuan
.    SK penugasan 
Sertifikat pelatihan
Ijazah SMA/SMK
Surat Keterangan Pengalaman 2 th
58
Kepala sekolah menugaskan tenaga perpustakaan sesuai ketentuan
.   SK penugasan  kepala pustakawan 
Sertifikat Kompetensi
Ijazah S1/D4
Masa Kerja (minimal tiga tahun)
59
Kepala sekolah menugaskan Kepala Laboratorium sesuai ketentuan
.   SK penugasan pustakawan
Sertifikat  Perpustakaan
Ijazah S1/D4/SMA
Masa Kerja (minimal tiga tahun)
60
Kepala sekolah menugaskan tenaga Laboratorium sesuai ketentuan
.   SK    kepala Laboratorium 
Sertifikat   Pengelolaan lab.
Ijazah D3
Masa Kerja minimal tiga tahun
61
Kepala sekolah menugaskan tenaga layanan khusus  sesuai ketentuan
SK penugasan  tenaga laboran
Sertifikat laboran
Ijazah D3/SMA
Masa Kerja (minimal tiga tahun)
62
Kepala  Sekolah Meningkatkan prestasi Guru di bidang Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran
.    Penjaga sekolah
Tukang  kebersihan
Pesuruh
Satpam
63
Kepala  Sekolah Meningkatkan kesempatan Guru dalam mengembangkan guru
:  guru  berprestasi  tingkat Nasional
:  guru   berprestasi  tingkat provinsi
:  guru  berprestasi  Kab/Kota
:  guru  berprestasi ditingkat gugus
64
Kepala sekolah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
GTK   kenaikan  sangat meningkat 
GTK  kenaikan pangkat meningkat
GTK  kenaikan pangkat  ada
GTK  kenaikan pangkat  tidak ada
65
Kepala Sekolah meningkatkan Kesempatan Guru dalam Mengembangkan Profesi
SK Tim Penilai PKG
Jadwal pelaksanaan PKG
Berita acara pelaksanaan PKG
Laporan hasil PKG
Rencana tindak lanjut PKG
66
Bangunan sekolah memenuhi persyaratan kesehatan
: 100 % guru membuat PTK  
:  75 % guru  membuat PTK
: 50%  guru membuat  PTK
: 25%  guru membuat  PTK
67
Sekolah melakukan pemeliharaan dan perbaikan berkala secara rutin setiap  tahun sekali, meliputi: pengecatan ulang, perbaikan jendela dan pintu, lantai, penutup atap, plafon, instalasi air,dan listrik.
Ventilasi
Pencahayaan
Sanitasi
Tempat sampah
Bahan bangunan.
68
Sekolah mengupayakan ketersediaan ruang kelas dengan jumlah dan ukuran yang sesuai dengan ketentuan
pengecatan ulang
perbaikan jendela dan pintu
lantai
penutup atap
plafon
instalasi air
listrik
69
Kepala Sekolah mengupayakan ketersediaan ruang perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan dan pendayagunaannya ssecara maksimal, kondisinya terawat dengan baik, bersih serta nyaman.
Jumlah kelas  sama  jumlah rombel
Ukuran standar

70
Kepala sekolah melengkapi prasarana yang lengkap sesuai ketentuan dengan kondisi baik.
Luas sesuai standar/kelas
Sarana ruang perpustakaan
Buku teks pelajaran, dll
Buku referensi dapat   e-book
71
 Kepala sekolah melengkapi ruang pimpinan dengan luas minimum 12 m2 dengan sarana sesuai ketentuan
Ruang kelas
Ruang guru
Ruang pimpinan
Ruang laboratorium IPA
Ruang perpustakaan
Ruang UKS
Ruang Sirkulasi
Tempat beribadah
Jamban
Tempat bermain/berolahraga
Gudang
Kantin
Tempat parker
72
Kepala sekolah melengkapi ruang guru dengan luas minimum 56 m2 dan rasio 4 m2/guru dengan sarana sesuai ketentuan.
Luas ruangan minimum 12 m2
Lebar ruangan minimum 3 m
Meja dan kursi pimpinan 1 set
Meja dan kursi tamu 1 set
Lemari
Papan statistik
Simbol kenegaraan
Tempat sampah
Jam dinding
73
Kepala sekolah melengkapi tempat beribadah bagi warga sekolah dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
Luas ruangan minimum 56 m2
Rasio luas ruangan 4 m2/guru
Meja dan kursi 1 set/guru
Meja dan kursi tamu 1 set
Lemari
Papan statistik
Papan pengumuman
tempat cuci tangan
Tempat sampah
Jam dinding
74
Kepala sekolah mengadakan/melengkapi kantin yang memenuhi ketentuan
Luas ruangan minimum 12 m2
Perlengkapan ibadah sesuai
terdapat 1 buah lemari/rak.
terdapat 1 buah jam dinding.
ketersediaan air.
75
Kepala sekolah melengkapi /mengadakan ruang laboratorium IPA dan perlengkapan prasarana yang lengkap sesuai ketentuan dengan kondisi baik.
Punya Kantin 
Luas kantin   minimum 12m.
Kantin  bersihan, sehatan,amanan.
Kantin memiliki sanitasi 
menyediakan makanan ,bergiji.

76
Kepala sekolah melengkapi /mengadakan ruang UKS dan perlengkapan prasarana yang lengkap sesuai ketentuan dengan kondisi baik.
Menampung minimal satu rombel
Jumlah kursi siswa mencukupi 
Meja kerja 1 buah/7 siswa
Meja demonstrasi 1 buah
Meja persiapan 1 buah
Lemari alat 1 buah
Lemari bahan 1 buah
Bak cuci berfungsi
Meja dan kursi guru
Papan tulis
Alat pemadam kebakaran
P3K
Kotak listrik
77
Kepala sekolah mengadakan/melengkapi ruang sirkulasi yang sesuai ketentuan.
Ruangan tersendiri
Tempat tidur 1 set
Lemari 1 buah
Meja 1 buah
Kursi 2 buah
Catatan kesehatan siswa
Perlengkapan P3K
Tandu 1 buah
Selimut 1 buah
Tensimeter 1 buah
Thermometer badan 1 buah
Timbangan badan 1 buah
Pengukur tinggi badan 1 buah
Tempat cucu tangan
Tempat sampah
78
Kepala sekolah melengkapi ruang konseling dan sarana sesuai ketentuan.
Memiliki  30% dari luas total 
Lebar minimal 1,8 m
Tinggi minimal 2,5 m
menghubungkan antar ruang
Beratap,   cahaya , udara cukup
Terawat dengan baik
Bersih dan nyaman
79
Kepala sekolah mengadakan/melengkapi jamban (WC/Toilet) dengan luas  dan sarana sesuai ketentuan.
Luas ruangan minimum 9 m2
Meja dan kursi 1 set/guru
Meja dan kursi tamu 1 set
Lemari
Papan statistik
Papan pengumuman
Instrument konseling
Buku sumber
Jam dinding
Media pengembangan kepribadian
80
Kepala Sekolah
mengadakan/melengkapi jamban
(WC/Toilet) dengan luas dan
sarana sesuai ketentuan
Luas   minimum 2 m2 setiap unit
rasio: 1 unit/ 40 laki/30 wanita
Tersedia air yang cukup
Kondisi jamban selalu bersih
Setiap unit memenuhi sarana
81
Kepala sekolah mengadakan dan melengkapi gudang dengan sarana sesuai ketentuan.
Luas ruangan minimum 21 m2
Lemari dan rak
Pintu gudang dapat dikunci
Tertata dengan baik
82
Kepala sekolah mengadakan/melengkapi tempat parkir kendaraan/sepeda yang sesuai ketentuan.
Tersedia area khusus
Sesuai standar yang ditetapkan
Memiliki sistim pengamanan
Dilengkapi  rambu rambu lalu lintas
Dijaga oleh petugas khusus
83
Kepala sekolah mengadakan dan melengkapi tempat bermain, berolahraga, berkesenian, keterampilan, dan upacara.
Luas   minimum 1000 m2
Rasio minimum 3 m2/siswa
Permukaan datar dengan drainase 
bendera dan tiang bendera
Peralatan olahraga
Peralatan seni budaya
peralatan keterampilan
84
Kepala sekolah mengalokasikan anggaran pada Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) sekurang-kurangnya: pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan pendidik, pengembangan tenaga kependidikan, modal kerja.
Alokasi dana sarana dan prasarana
Alokasi pengembangan pendidik
Alokasi dana pengembangan TP
Alokasi dana modal kerja
85
Kepala sekolah mengalokasikan anggaran untuk biaya operasi non personalia yang mencakup 9 komponen, meliputi; (1) alat tulis sekolah (ATS), (2) bahan dan alat habis pakai (BAHP), (3) pemeliharaan dan perbaikan ringan (4) daya dan jasa, (5) konsumsi, (7) konsumsi, (7) asuransi, (8) transportasi/perjalanan dinas, (9) pelaporan
pembelian alat tulis sekolah (ATS),
Alokasi pembelian   (BAHP),
Alokasi pemeliharaan ringan,
Alokasi daya dan jasa,
Alokasi biaya
Transportasi/perjalanan dinas,
Alokasi konsumsi,
Alokasi biaya asuransi,
Alokasi pembinaan  ekstrakurikuler,
Alokasi biaya pelaporan.
86
Kepala sekolah memiliki dokumen investasi sarana dan prasarana secara lengkap.
Investasi sanpras tahun berjalan
Investasi sanpras  1 tahun yang lalu
Investasi sanpras 2 tahun yang lalu
87
Kepala sekolah membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan RKA
.   Pengembangan PTK dalam RKA
.   Membelanjakan PTK sesuai RKA

88
Kepala sekolah merealisasikan modal kerja sebesar yang tertuang dalam RKA selama 1 tahun terakhir.
.   Modal kerja berdasarkan RKA
.    Realisasi modal kerja

89
 Kepala sekolah menyampaikan biaya operasional untuk guru dan tenaga kependidikan berupa: (1) gaji, (2) honor kegiatan, (3) insentif, (4)  tunjangan lain
Gaji.
Honor kegiatan.
Insentif.
Tunjangan lain.
90
Kepala sekolah merealisasikan rencana belanja anggaran pengadaan alat tulis sesuai RKA dalam 1 tahun terakhir.
.    Rengar ATS Sesuia  RKA
.    Realisasi anggaran ATS 


91
Kepala sekolah merealisasikan rencana belanja anggaran pengadaan bahan dan alat habis pakai untuk kegiatan pembelajaran sesuai RKA pada tahun berjalan.
.    Rengar BAHP sesuai RKA
.    Realisasi anggaran BAHP



92
Kepala sekolah merealisasikan rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan berkala sarana dan prasarana sesuai RKA.
.    Renggar Sanpras sesuai RKA
.     Realisasi biaya  sanpras


93
Kepala sekolah merealisasikan biaya pengadaan daya dan jasa sesuai RKA pada tahun berjalan.
.     Biaya  daya dan jasa sesuai RKA
.     Merealisasikan daya dan jasa


94
Kepala sekolah merealisasikan biaya transportasi dan perjalanan dinas serta konsumsi selama 1 tahun berjalan.
.     Biaya transportasi sesuai RKA tah
.     Merealisasikan biaya transportasi

95
Kepala sekolah merealisasikan biaya pembinaan peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler sebesar yang tertuang dalam RKA selama 1 tahun.
.      Biaya   ekstrakurikuler sesuai RKA
.      Merealisasikan biaya


96
Kepala sekolah merealisasikan anggaran untuk pelaporan dalam 1 tahun terakhir.
.      Anggaran  pelaporan sesuai RKA
.      Merealisasikan anggaran
97
Sumbangan pendidikan dari masyarakat selama 1 tahun terakhir, dikelola secara: (1) sistematis, (2) transparan, (3) efisien, (4) akuntabelakuntabel.
Sistematis
Transparan
Efisien
Akuntabel
98
Kepala sekolah memiliki pembukuan keuangan 1 tahun terakhir yang meliputi: (1) buku kas umum, (2) buku pembantu kas, (3) buku pembantu bank, (4) buku pembantu pajak.
Buku kas umum
Buku pembantu
Buku kas pembantu bank
Buku pembantu pajak tahun ini

99
Kepala Sekolah memiliki laporan pertanggungjawaban keuangan selama 1 tahun terakhir.
Laporan keuangan tahun berjalan

100
Kepala sekolah melaksanakan pengelolaan kesiswaan yang meliputi: (1) Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), (2) layanan konseling, (3) ekstrakurikuler, (4) pembinaan prestasi, (5) penelusuran alumni
Penerimaan Peserta Didik Baru
Layanan konseling.
ekstrakurikuler pramuka dll
Pembinaan prestasi.
Penelusuran alumni.

101
Kepala sekolah menyusun pedoman pengelolaan pembiayaan investasi dan operasional sesuai ketentuan: (1 ) disusun mengacu pada standar pembiayaa, (2) mengatur tentang sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana, (3) mengatur tentang penyusunan dan pencairan anggaran, (3 ) mengatur tentang kewenangan dan tanggung jawab Kepala Sekolah dalam membelanjakan anggaran, (5) mengatur tentang pembukuan
Peraturan standar pembiayaan 
sumber pemasukan, pengeluaran
dokumen pengelolaan pembiayaan 
  pengelolaan pembukuan 

102
Kepala Sekolah Meningkatkan promosi sekolah melalui media cetak/elektronik
.    Penerbitan tingkat Nasional,
.    Penerbitan tingkat Provinsi
.    Penerbitan tingkat kabupaten,
.    Penerbitan tingkat kecamatan
103
Kepala Sekolah Meningkatkan prestasi sekolah Dalam Bidang Sosial, keindahan, kbersihan sekolah dan kewirausahaan
.    Prestasi tingkat Nasional,
.    Prestasi tingkat Provinsi 
.    Prestasi tingkat kabupaten
.    Prestasi tingkat kecamatan/gugus
104
Kepala  Sekolah meningkatkan pembiayaan dan sarana prasarana melaui bantuan pemerintah dan atau masyarakat.
.    Tiga jenis bantuan meningkat 
.    Dua jenis bantuan meningkat
.    Satu jenis bantuan meningkat
.    Ada bantuan untuk sekolah
105
Merencanakan Program Pengawasan dan Evaluasi Guru dan Tenaga Kependidikan
Program Pengawasan dan Evaluasi


106
Melaksanakan Program Pengawasan Guru melalui kegiatan pemantauan proses pembelajaran
Instrumen pemantauan PBM
Data hasil pemantauan
Laporan hasil pemantauan
Program tindak lanjut
107
Melaksanakan Program Pengawasan Tenaga Kependidikan
Instrumen   Pemantauan 
Data hasil pemantauan
Laporan hasil pemantauan
Program tindak lanjut
108
Kepala sekolah melaksanakan evaluasi dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI)
Dokumen Raport Mutu Sekolah
Perencanaan   dalam RKS
Pelaksanaan Pemenuhan Mutu 
Pelaksanaan Pemenuhan PBM
Data hasil monitoring dan evaluasi
Program Tindak Lanjut
109
Kepala Sekolah melaksanakan evaluasi kurikulum dan pembelajaran
Format instrumen kurikulum 
Data hasil evaluasi kurikulum
Data Hasil Evaluasi Pembelajaran
Laporan Hasil Evalusai Kurikulum
Program Tindak Lanjut
110
Kepala sekolah melaksanakan evaluasi pendayagunaan guru dan tenaga kependidikan
Instrumen Pendayagunaan  PTK
Data Hasil Evaluasi Guru
Data Hasil Evaluasi  TAS
111
Kepala sekolah memersiapkan diri untuk Akreditasi Sekolah
SK Tim Penjamin Mutu Sekolah

112
Kepala Sekolah menyusun Laporan Program Pengawasan dan Evaluasi
Laporan Pengawasan dan Evaluasi
Program Tindak lanjut 
113
Kepala Sekolah menyusun dan menetapkan struktur organisasi sekolah
Struktur Organisasi Sekolah
Uraian Tugas
114
Kepala Sekolah menempatkan guru dan atau tenaga kependidikan dalam SOTK yang telah ditetapkan.
SK Pembagian Tugas GTK

115
Kepala Sekolah mendelegasikan sebagian tugas kepada wakil kepala sekolah yang relevan dengan bidang tugas)*
SK Pembagian Tugas
Uraian pembagian tugas personil
     sekolah (job description
116
Kepala Sekolah membuat rencana kerja strategis dan rencana kerja tahunan untuk pelaksanaan peningkatan mutu;
Program kerja
Renstra/RKJM
RKT
117
Kepala Sekolah membuat keputusan anggaran sekolah dengan memertimbangkan masukan guru, komite sekolah, dan penyelenggara sekolah (khusus bagi swasta)
RKAS yang telah disahkan
Daftar Hadir   guru, komite,yayasan
Notulensi/Berita Acara

118
Kepala Sekolah berkomunikasi untuk menciptakan dukungan intensif dari orang tua siswa dan masyarakat;
Surat Undangan Rapat
Jurnal sekolah
Notulen rapat
119
Kepala Sekolah melaksanakan program peningkatan motivasi kerja pendidik dan tenaga kependidikan dengan menggunakan sistem pemberian penghargaan atas prestasi dan sangsi atas pelanggaran peraturan dan kode etik
guru berprestasi   ada penghargaan 
Data TAS berprestasi  
Data guru yang diberi sanksi 
Data TAS  diberi sanksi 

120
Kepala sekolah menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa;
Aman
Bersih
Nyaman
Kelengkapan sarana pembelajaran
121
Mengembangkan Program Keteladanan Sikap dan Perilaku yang menjaga nama balk lembaga, profesi, dan kedudukan/jabatan
Foto-foto kegiatan:
Upacara hari besar nasional
Peringatan hari besar keagamaan
Bakti Sosial
Keikutsertaan lomba   siswa, PTK

122
Memfasilitasi pengembangan, penyebarluasan, dan pelaksanaan visi pembelajaran yang dikomunikasikan dengan balk dan didukung oleh komunitas sekolah;
Foto foto kegiatan
Laporan kegiatan

123
Kepala Sekolah menjalin kerja sama dengan orang tua siswa, masyarakat, dan komite sekolah
Dokumen MoU dengan orang tua
Dokumen MoU dengan masyarakat
Dokumen MoU dengan Komite
124
Kepala Sekoah Mengelola sistem informasi manajemen yang memadai untuk mendukung administrasi pendidikan yang efektif, efisien dan akuntabel;
Fasilitas informasi
Sumber Daya informasi

125
Meningkatkan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah
.    komputer 25%  dari jumlah siswa.
.    komputer 20% dari jumlah siswa
.    komputer 20% dari jumlah siswa
.    komputerada
126
Kepala Sekolah Menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif dan mudah diakses;
Web/email sekolah/sms/WA
Brosur
Papan pengumuman
Kotak saran
Buku Penghubung siswa
127
Kepala Sekolah menugaskan seorang guru atau tenaga kependidikan untuk mengelola data pokok pendidikan
SK Pengelola dapodik
Rincian Tugas pengelola Dapodik

128
Kepala Sekolah melaporkan data informasi sekolah yang telah terdokumentasikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenangan.
Laporan dapodik

129
Kepala Sekolah memfasilitasi atau mengembangkan Program/Forum Komunikasi anatar warga sekolah yang efisien dan efektif.
Forum Komunika Orang Tua
Foto foto kegiatan

130
Merencanakan pengembangan kewirausahaan
Program  Kewirausahaan
Jiwa Kewirausahaan
Pengembangan Unit  Produksi 








131
Kepala Sekolah memfasilitasi siswa untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pengalaman pembelajaran
RPP  menumbuhkan keterampilan
Hasil kerja dan karya siswa
Foto foto aktifitas siswa

132
Meningkatkan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah
.    Hasil karya guru
Hasil Karya siswa
dan tendik lainya
133
Memberdayakan peran serta masyarakat dan membengun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam melakukan berbagai kegiatan pengelolaan pendididkan
MoU dengan pihak lain
Sister school
Kemitraan dengan sekolah lain

134
Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan, dan/atau Pemagangan
Dokumen Laporan memuat
pelaksanaan dan hasil
Program Pengembangan Unit
Produksi Kewirausahaan

135
Melaksanakan Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan
Laporan Hasil Kewirausahaan,
Jiwa Kewirausahaan
Pengembangan Unit Produksi
136
Merencanakan Program Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan
Program Supervisi GTK
Instrumen supervisi guru
Instrument supervisi TAS
137
Menjalankan Program Supervisi Guru
Dokumen Laporan Supervisi Guru
138
Melaksanakan Program Supervisi Tenaga Kependidikan
Dokumen Laporan Supervisi  TAS


139
Kepala sekolah melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan dan Hasil Program Supervisi Guru
Laporan Evaluasi Pelaksanaan
dan Hasil Supervisi Guru dan
Tenaga Kependidikan

140
Kepala sekolah melaksanakan evaluasi pelaksanaan dan hasil program supervisi tenaga kependidikan
Laporan analisis kesenjangan
antara ketercapaian target
program supervisi guru

141
Meyusun Laporan Hasil Evaluasi Program Supervisi Guru dan Tenaga Kepedidikan
Laporan hasil evaluasi program
supervisi guru dan tenaga
kependidikan
142
Kepala sekolah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi dan menilai hasil pembelajaran, menganalisis hasil pembelajaran, melaksanakan tindak lanjut hasil
SK atau SPT Mengajar
Laporan  hasil  (PKG)



143
 Melaksanakan promosi kebudayaan Indonesia


144
Mengikutipendidikan dan pelatihan fungsional/teknis
Surat tugas
Laporan deskripsi hasil pelatihan
Sertifikat
 .   jumlah, 4
145
Melaksanakan kegiatan kolektif kepala sekolah yang meningkatkan keprofesian kepala sekolah
Surat tugas
Laporan kegiatan
Surat Keterangan
.   julah   4
146
Melaksanakan publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan formal.
Hasil  (buku/karya tulis/artikel)
Pernyataan keaslian hasil karya
Pengesahan  pejabat  berwenang
.    terpenuhi 3
147
Melaksanakan publikasi buku teks pelajaran, buku pengayaan, dan pedoman kepala sekolah
Hasil  (buku/karya tulis/artikel)
Pernyataan keaslian hasil karya
Pengesahan  pejabat  berwenang
.    3.buku
148
Membuat Karya   Inovatif.
Hasil karya
Pernyataan keaslian hasilkarya
Pengesahan pejabatberwenang
Surat Undangan mengikuti
Surat tugas dari pejabatberwenang
Surat keterangan mengikuti
149
Memperoleh gelar/ijazahyang tidak sesuai dengan
bidang yang diampunya..
.    Ijazah
Surat Izin Belajar 

150
Melaksanakan tugas lain yang relevan dengan fungsi  sekolah.
SK atau kartu anggota PGRI
SK atau Kartu AnggotaPramuka
SK Tim Penilai Angka Kredit
SPT Tutor/Pelatih/Instruktur
151
Memperoleh Penghargaan/tanda jasa Satya Lancana Karya Satya
Piagam

152
Melakukan pembimbingan
terhadap sekolah lain
Laporan Pembimbingan  IMBAS
Daftar hadir
Foto Kegiatan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar