Format Penilaian Kinerja Guru
dalam Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Guru
|
:
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
|
Hari/Tanggal
|
:
|
|
Pokok Materi
|
:
|
|
Waktu
|
:
|
|
No.
|
Penampilan Guru
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Kemampuan
Membuka Pelajaran
a.
Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa
b.
Memberikan motivasi awal
c.
Memberikan apersepsi (kaitan materi sebelumnya dengan
materi yang akan disampaikan)
d.
Menyampaikan indikator/tujuan pembelajaran yang akan
diberikan
e.
Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
2.
|
Sikap
Guru dalam Proses Pembelajaran
a.
Kejelasan artikulasi suara
b.
Variasi Gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa
c.
Antusiasme dalam penampilan
d.
Mobilitas posisi mengajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
3.
|
Penguasaan
Bahan Belajar (Materi Pelajaran)
a.
Bahan belajar disajikan sesuai dengan langkah-langkah
yang direncanakan dalam RPP
b.
Kejelasan dalam menjelaskan bahan belajar (materi)
c.
Kejelasan dalam memberikan contoh
d.
Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan
belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
5.
|
Kegiatan
Belajar Mengajar (Proses Pembelajaran)
a.
Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan
b.
Penyajian bahan belajaran sesuai dengan
tujuan/indikator yang telah ditetapkan
c.
Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon
pertanyaan siswa.
d.
Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang
disediakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
6.
|
Kemampuan
Menggunakan Media Pembelajaran:
a.
Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media
b.
Ketepatan/kesesuaian penggunaan media dengan materi
yang disampaikan
c.
Memiliki keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran
d.
Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
7.
|
Evaluasi
Pembelajaran
a.
Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
b.
Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian
c.
Penilaian yang diberikan sesuai dengan RPP
d.
Menganalisis ketuntasan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
8.
|
Kemampuan
Menutup Kegiatan Pembelajaran:
a.
Meninjau kembali materi yang telah diberikan
[kesimpulan materi]
b.
Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab
pertanyaan.
c.
Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran [refleksi]
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
9.
|
Tindak
Lanjut/Follow up
a. Memberikan tugas kepada
siswa baik secara individu maupun kelompok
b.
Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan
dipelajari berikunya.
c.
Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
Total Skor
|
|
|||||
Rerata
|
|
Yang Dinilai,
................................................................
NIP.
|
Cipongkor, .................................................
Penilai,
...................................................................
NIP.
|
Diketahui,
Kepala Sekolah
Drs.
H. MUCHTAR S., MM
NIP 195510011981031009
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar