NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca
dan memahami berbagai
teks
nonsastra (biografi, artikel,
berita,
iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik,
peta, denah), berbagai karya
sastra
(puisi, antologi puisi, cerpen,
buku
kumpulan cerpen, cerita anak,
buku
cerita anak, novel remaja, novel
angkatan
20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
Menentukan
persamaan isi berita.
Menentukan
perbedaan penyajian berita.
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan.
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Menyimpulkan
isi paragraf.
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
|
2
|
Menulis dan
menyunting teks
nonsastra
dengan menggunakan
kosakata yang
bervariasi dan efektif
dalam bentuk
buku harian, surat
pribadi, surat
dinas, narasi dan pesan
singkat,
laporan, pengumuman,
petunjuk,
rangkuman, teks berita,
slogan/ poster,
iklan, resensi dan
karangan,
surat pembaca, teks pidato,
dan karya
ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk
puisi, pantun, dongeng,
cerpen,
dan drama.
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
Menulis pesan
singkat sesuai konteks.
Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Menulis
rangkuman.
Menulis teks
berita sesuai konteks.
Menulis slogan
sesuai konteks.
Menulis iklan
sesuai konteks.
Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu.
Menulis teks
pidato.
Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar
pustaka.
Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi
pantun.
Melengkapi
puisi.
Melengkapi
naskah drama.
|
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar