BAB IV
RENCANA EVALUASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK
DAN SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI 1
CIPONGKOR
A.
Rencana Evaluasi Hasil Supervisi Akademik
Dari 19 orang guru yang disupervisi akademik
melalui kunjungan kelas oleh kepala sekolah terdiri dari 13 orang guru pria dan
6 orang guru wanita, dengan menggunakan instrumen supervisi yang
sesuai dengan Standar Proses Pembelajaran, hasilnya
akan dimasukkan ke dalam tabel sebagai berikut :
No
|
Perolehan Nilai Sebutan
|
Jenis Kelamin Guru
yang di Supervisi
|
Jumlah
|
Prosentase keseluruhanh
100(%)
|
||||
Pria ( 14 orang)
|
Wanita (7 orang)
|
|||||||
Banyaknya
|
66%
|
Banyaknya
|
34%
|
|||||
1
|
Baik sekali
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Baik
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Cukup
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kurang
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
||
Prosentase (%)
|
|
|
|
|
|
|
||
B.
Rencana pelaksanaan Supervisi Klinis
Bagi guru
yang memperoleh nilai sebutan cukup atau kurang, maka akan diadakan rencana
pelaksanaan supervisi klinis bagi guru tersebut, dengan menggunakan pendekatan kolaboratif,
artinya tanggung jawab terbagi relatif sama antara kepala
sekolah/pengawas dengan guru, dan
langkah pelaksanaan supervisi klinisnya
menggunakan 3 (tiga) tahap, yaitu:
Tahap pertemuan awal, tahap observasi proses pembelajaran, dan tahap
pertemuan balikan, serta instrumen yang digunakannyapun sama seperti pada waktu
pelaksanaan supervisi akademik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar