FORMAT PENILAIAN SUPERVISI GURU
SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Berdasarkan Standar Proses)
Nama Sekolah : ………………………………………………………………
Nama Guru :
………………………………………………………………
Pangkat, Gol/Ruang : ………………………………………………………………
Jabatan :
………………………………………………………………
Mata Pelajaran : ………………………………………………………………
Jumlah JTM :
………………………………………………………………
Kelas/Semester : ………………………………………………………………
Hari, Tanggal : ………………………………………………………………
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan Kesusilaan
|
||||
Ada
|
Tidak Ada
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||||||
a.
Menyiapkan peserta didik
|
4 = Baik Sekali
|
|||||||
b.
Melakukan Apersepsi
|
3 = Baik
|
|||||||
c.
Menjelaskan KD dan tujuan
yang ingin dicapai
|
2 = Cukup
1 = Kurang
|
|||||||
d.
Menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
|
||||||||
e.
Penampilan guru
|
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan Kesusilaan
|
||||
Ada
|
Tidak Ada
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
Pembelajaran
|
|||||||
A.
EKSPLORASI
|
4= Baik Sekali
|
|||||||
a.
Melibatkan siswa dalam
mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsipalam
takambang jadi guru
|
3= Baik
2= Cukup
1= Kurang
|
|||||||
b.
Menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainnya
|
||||||||
c.
Memfasilitasi terjadinya
interaksi antara siswa dengan siswa, anatara siswa dengan guru, dan antara
siswa dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya
|
||||||||
d.
Melibatkan siswa secara
aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran
|
||||||||
e.
Memfasilitasi siswa
melakukan percobaan di laboratorium,studio, lapangan atau kelas
|
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan Kesusilaan
|
||||
Ada
|
Tidak Ada
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
B.
ELABORASI
|
4= Baik Sekali
|
|||||||
a.
Membiasakan siswa membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
|
3= Baik
2= Cukup
1= Kurang
|
|||||||
b.
Memfasilitasi siswa
melalui pemberian tugas dan diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik lisan
maupun tertulis
|
||||||||
c.
Memberi kesempatan kepada
siswa untuk berfikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa
adanya rasa takut dan malu
|
||||||||
d.
Memfasilitasi siswa dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
|
||||||||
e.
Memfasiltiasi siswa
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
||||||||
f.
Memfasiltiasi siswa dalam
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok
|
||||||||
g.
Menfasilitasi siswa untuk
menyajikan hasil kerja secara individu maupun kelompok
|
||||||||
h.
Memfasilitasi siswa untuk
melakukan pameran, pemajangan, turnamen, festival serta produk yang
dihasilkan
|
||||||||
i.
Memfasilitasi siswa
melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
|
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan Kesusilaan
|
||||
Ada
|
Tidak Ada
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
|
||||||||
a.
Memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan siswa
|
4= Baik Sekali
3= Baik
|
|||||||
b.
Memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber
|
2= Cukup
1= Kurang
|
|||||||
c.
Menfasilitasi siswa
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
|
||||||||
d.
Berfungsi sebagai nara
sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi
kesulitan
|
||||||||
e.
Membantu menyelesaikan
masalah siwa dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi
|
||||||||
f.
Memberikan motifasi
terhadap siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh
|
No
|
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
|
Kondisi
|
Skor Nilai
|
Keterangan Kesusilaan
|
||||
Ada
|
Tidak Ada
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
3
|
Penutup
|
|||||||
a.
Membuat
rangkuman/simpulan
|
4 = Baik Sekali
|
|||||||
b.
Me lakukan pembelian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
|
3 = Baik2 = Cukup
1 = Kurang
|
|||||||
c.
Memberikan umpan balik
terhadap proses hasil pembelajaran
|
||||||||
d.
Memberikan Tugas
Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
||||||||
e.
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
||||||||
Jumlah Skor
|
||||||||
Jumlah Skor Seluruhnya
|
|
Keterangan :
Skor Maksimal = 120
86% - 100%=
Baik Sekali
70% - 85% = Baik
55% - 69% = Cukup
Dibawah 55% = Kurang
Tindak Lanjut :
|
Bandung Barat, ……………......…2018
|
|
Kepala SMP N 1 Cipongkor
SOBIRIN ROIN
SYAMSURIATNA, S.Pd
NIP. 195909141983021003
|
Guru Mata Pelajaran,
……………………………………
NIP. ………………………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar