Minggu, 23 Desember 2018

PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK (FORMAT PENILAIAN SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN)


FORMAT PENILAIAN SUPERVISI GURU
SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
(Berdasarkan Standar Proses)

Nama Sekolah                     : ………………………………………………………………
Nama Guru                           : ………………………………………………………………
Pangkat, Gol/Ruang           : ………………………………………………………………
Jabatan                                 : ………………………………………………………………
Mata Pelajaran                    : ………………………………………………………………
Jumlah JTM                         : ………………………………………………………………
Kelas/Semester                    : ………………………………………………………………
Hari, Tanggal                       : ………………………………………………………………

No
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan Kesusilaan
Ada
Tidak  Ada
4
3
2
1
1

Kegiatan Pendahuluan







a.        Menyiapkan peserta didik






4 = Baik Sekali
b.       Melakukan Apersepsi






3 = Baik
c.        Menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicapai






2 = Cukup
1 = Kurang
d.       Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar







e.        Penampilan guru








No
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan Kesusilaan
Ada
Tidak  Ada
4
3
2
1
2
Kegiatan Inti Pembelajaran







A.      EKSPLORASI






4= Baik Sekali
a.       Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsipalam takambang jadi guru






3= Baik
2= Cukup
1= Kurang
b.       Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lainnya







c.        Memfasilitasi terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa, anatara siswa dengan guru, dan antara siswa dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya







d.       Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran







e.        Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium,studio, lapangan atau kelas








No
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan Kesusilaan
Ada
Tidak  Ada
4
3
2
1

B.         ELABORASI






4= Baik Sekali
a.       Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna






3= Baik
2= Cukup
1= Kurang
b.       Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas dan diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik lisan maupun tertulis







c.        Memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir, menganalisa, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa adanya rasa takut dan malu







d.       Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif







e.        Memfasiltiasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar







f.        Memfasiltiasi siswa dalam membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok







g.        Menfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individu maupun kelompok







h.       Memfasilitasi siswa untuk melakukan pameran, pemajangan, turnamen, festival serta produk yang dihasilkan







i.         Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa








No
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan Kesusilaan
Ada
Tidak  Ada
4
3
2
1

  1. KONFIRMASI







a.     Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa






4= Baik Sekali
3= Baik
b.     Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber






2= Cukup
1= Kurang
c.     Menfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan







d.     Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan







e.     Membantu menyelesaikan masalah siwa dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi







f.      Memberikan motifasi terhadap siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk bereksplorasi lebih jauh









No
Sub Komponen dan Butir Komponen
(Tatap Muka)
Kondisi
Skor Nilai
Keterangan Kesusilaan
Ada
Tidak  Ada
4
3
2
1
3
Penutup








a.       Membuat rangkuman/simpulan






4 = Baik Sekali

b.       Me lakukan pembelian dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan






3 = Baik2 = Cukup
1 = Kurang

c.        Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran








d.       Memberikan Tugas Terstruktur (PT) dan Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)








e.        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya








Jumlah Skor



Jumlah Skor Seluruhnya




Nilai Akhir :
 
 

Keterangan :

Skor Maksimal = 120

86%                          -    100%=  Baik Sekali
70%                          -      85% =  Baik
55%                          -      69% =  Cukup
Dibawah   55%             =  Kurang

Tindak Lanjut :



 
 








Bandung Barat, ……………......…2018

Kepala SMP N 1 Cipongkor



SOBIRIN ROIN SYAMSURIATNA, S.Pd
NIP. 195909141983021003

Guru Mata Pelajaran,



……………………………………
NIP. ………………………………



Tidak ada komentar:

Posting Komentar