GREE-ONE EKSIS !!! "EDUKATIF, KOMPETITIF, SELEKTIF, INOVATIF, SIMPATIK"

Senin, 21 Januari 2013

Format Penilaian Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran


Format Penilaian Kinerja Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Guru
:

Kelas/Semester
:

Mata Pelajaran
:

Hari/Tanggal
:

Pokok Materi
:

Waktu
:


No.
Penampilan Guru
Skor
1
2
3
4
5
1.
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.     Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa
b.     Memberikan motivasi awal
c.     Memberikan apersepsi (kaitan materi sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan)
d.     Menyampaikan indikator/tujuan pembelajaran yang akan diberikan
e.     Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan



































2.
Sikap Guru dalam Proses Pembelajaran
a.     Kejelasan artikulasi suara
b.     Variasi Gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa
c.     Antusiasme dalam penampilan
d.     Mobilitas posisi mengajar

























3.
Penguasaan Bahan Belajar (Materi Pelajaran)
a.     Bahan belajar disajikan sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan dalam RPP
b.     Kejelasan dalam menjelaskan bahan belajar (materi)
c.     Kejelasan dalam memberikan contoh
d.     Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar

























5.
Kegiatan Belajar Mengajar (Proses Pembelajaran)
a.     Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan
b.     Penyajian bahan belajaran sesuai dengan tujuan/indikator yang telah ditetapkan
c.     Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa.
d.     Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan

























6.
Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran:
a.     Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media
b.     Ketepatan/kesesuaian penggunaan media dengan materi yang disampaikan
c.     Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
d.     Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran

























7.
Evaluasi Pembelajaran
a.     Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
b.     Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian
c.     Penilaian yang diberikan sesuai dengan RPP
d.     Menganalisis ketuntasan pembelajaran

























8.
Kemampuan Menutup Kegiatan Pembelajaran:
a.     Meninjau kembali materi yang telah diberikan [kesimpulan materi]
b.     Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan.
c.     Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran [refleksi]




















9.
Tindak Lanjut/Follow up
a.     Memberikan tugas kepada siswa baik secara individu maupun kelompok
b.     Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan dipelajari berikunya.
c.     Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar




















Total  Skor

Rerata 

                       
                       
Yang Dinilai,

................................................................
NIP.
Cipongkor, .................................................
Penilai,

...................................................................
NIP.
Diketahui,
Kepala Sekolah


Drs. H. MUCHTAR S., MM
NIP 195510011981031009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar